Kasur Springbed Dikencingi Anak? Ini Solusi Membersihkannya!

Kasur Springbed Dikencingi Anak? Ini Solusi Membersihkannya!

caisarspringbed Oktober 11, 2022 0 Comments

Kasur adalah tempat ternyaman untuk kita beristirahat dan rehat sejenak dari sibuknya aktivitas seharian. Namun apa jadinya jika kasur malah terasa tidak nyaman akibat anak anda yang kencing di kasur? Selain mengeluarkan bau yang tidak sedap dan mengganggu indra penciuman anda, pastinya kasur akan lembab dan basah.

Jika hal itu terjadi pada anda, maka segeralah membersihkannya sebelum kasur anda rusak dan tumbuh jamur serta bakteri yang menambah tidak nyaman istirahat anda. Maka marilah kita membahas cara membersihkan noda ompol di kasur springbed yang efektif sebagai berikut:

  • Lepas Seprai 

    Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan si kecil, karena sebagian besar pertumbuhan terjadi saat anak sedang tidur. Namun karena waktu yang cukup panjang saat tidur malam seringkali anak anda pipis diatas kasur tanpa pergi ke toilet.Saat anda mengetahui anak anda pipis dicelana saat tidur dan membuat kasur springbed basah dan mengeluarkan bau tidak sedap, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melepaskan spreinya terlebih dahulu. Dan segera cuci seprai tersebut hingga tidak berbau ompol lagi dengan pewangi pakaian.

  • Bersihkan Noda dengan Lap 

    Setelah sprei diangkat untuk dicuci, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menyerap air seni dengan bantuan lap. Gunakan kain lap yang bisa menyerap air dengan banyak, seperti kain yang terbuat dari bahan microfiber sehingga dapat menyerap dengan baik.Tap-tap noda tersebut dengan lap yang anda miliki hingga noda air seni habis terserap ke kain. Hal ini bertujuan untuk mencegah air seni merusak springbed dan membuat bekas noda seperti pulau di spring bed anda.

  • Gunakan Hidrogen Peroksida 

    Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan noda urine pada springbed anda adalah dengan memberikan larutan hidrogen peroksida pada noda ompol tersebut. Hidrogen peroksida adalah oksidator yang dapat membunuh bakteri dan bisa membantu menetralkan bau tak sedap yang dihasilkan dari noda ompol tersebut.Caranya untuk memakai hidrogen peroksida ini adalah tentunya anda harus membelinya terlebih dahulu di apotek terdekat. Lalu siapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti botol semprot, baking soda sebanyak tiga sendok, secukupnya larutan pencuci piring, hidrogen peroksida 3% sebanyak 8 hingga 10 ons dan satu lap basah serta satu lap kering.

    Campur semua bahan diatas hingga tercampur dengan sempurna namun jangan sampai anda mengocoknya. Setelah tercampur merata, masukan kedalam botol semprot. Lalu semprotkan cairan yang telah dibuat ke noda ompol hingga rata lalu tunggu kira-kira satu jam.

    Setelah satu jam, lap bagian noda tersebut dengan menggunakan lap agak asah untuk membilas area noda urine.  Setelah itu keringkan dengan lap kering yang telah disiapkan hingga terasa kering dan bersih.

    Namun perlu anda perhatikan jika larutan hidrogen peroksida tersebut dapat memutihkan kain, sehingga sangat penting anda untuk menyingkirkan kain sprei jika tidak ingin warnanya pudar.

    Namun jika memang anda tidak dapat menemukan larutan hidrogen peroksida ini, anda bisa menggantinya dengan obat kumur yang biasa digunakan. Obat kumur bisa membantu menghilangkan bau pesing yang ada pada springbed anda. Baking Soda juga bisa anda jadikan opsi untuk membersihkan noda jika tidak ada hidrogen peroksida.

    Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk mengganti hidrogen peroksida jika memang tidak ada. Membersihkan noda urine dengan baking soda ini adalah dengan cara menaburkan satu cangkir kecil baking soda pada kasur noda tersebut.

    Lalu diamkan kurang lebih satu jam untuk menghilangkan bau pesing tersebut. Setelah itu bersihkan dengan vacum cleaner hingga tidak ada sisa baking soda di kasur springbed anda.
    Semprotkan pewangi baju yang biasa anda gunakan untuk menyetrika pakaian, agar kasur anda terasa wangi dan terhindar dari bau apek yang mengganggu.

    Pewangi baju dapat menghilangkan bau karena mengandung bahan yang dapat membuat kasur springbed anda terhindar dari bau apek. Selain dengan bahan tersebut, anda juga bisa menggunakan alkohol 70 % untuk membersihkan noda tersebut.

    Caranya cukup sama dengan menggunakan hidrogen peroksida yaitu dengan cara menyemprotkan alkohol ke sumber noda pesing tersebut. Kemudian serap kembali dengan sebuah lap yang cukup lembab untuk menyerap noda.

    Tanpa menggosok-gosoknya agar air ompol dapat terangkat dengan baik oleh lap, tapi dengan cara di tap-tap sehingga air di dalam springbed dapat terangkat dengan baik. Usahakan untuk menggunakan lap yang dapat menyerap banyak cairan seperti lap yang terbuat dari bahan microfiber atau handuk.

    Namun senantiasa berhati-hati, menggunakan cara yang satu ini terkadang bias menimbulkan resiko kebakaran, pastikan selalu menjauhkan cairan dari sumber api, dan gunakanlah cairan secukupnya saja.

  • Jemur Kasur 

    Step selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menjemur kasur yang telah dibersihkan nodanya tadi. Menjemur ini tujuannya tentu untuk mengeringkan daerah yang cukup basah tadi agar tidak menimbulkan bau apek dan tumbuhnya jamur serta bakteri.Selain itu menjemur pun dapat mengurangi bau pesing yang mungkin masih sedikit menempel pada kasur. Jemur beberapa jam di bawah matahari secara langsung, namun jika memang tidak memungkinkan anda bisa menggunakan cara lain untuk mengeringkan.

    Caranya bisa menggunakan hairdryer yang memiliki suhu yang cukup panas untuk bisa mengeringkan kasur yang basah. Gunakan juga kipas angin untuk membantu agar daerah tersebut cepat kering, namun jika dengan cara ini cukup lama kasur bisa kering kembali.

    Pastikan juga anda menyimpan kasur dekat dengan jendela sebagai sumber cahaya dan sirkulasi udara agar cahaya matahari yang menembus jendela dapat mengenai noda kasur yang basah.

  • Gunakan Vacum Cleaner untuk Memastikan Kebersihan 

    Setelah kasur benar-benar kering, anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk memastikan jika kasur springbed anda benar-benar bersih dari debu atau sisa pembersihan noda ompol. Ditakutkan juga jika ada debu atau kotoran yang ikut menempel pada springbed yang telah dijemur.Maka sebaiknya jika anda membersihkan kembali dengan vacum cleaner, namun jika anda yang tidak memiliki vacuum cleaner bisa menggunakan sapu atau lidi untuk kasur. Tapi memang tidak akan bersih jika menggunakan vacuum cleaner.

  • Pasangkan Kembali Sprei 

    Jika sudah kering dan bersih, biasanya bau pesing akan hilang dari kasur tersebut dan anda dapat melapisi kasur spring bed dengan sprei yang bersih. Dan kasur springbed pun bisa anda gunakan kembali tanpa tercium bau pesing atau pun terasa lembab lagi.Namun pastikan anda memberitahu dan membiasakan anak anda untuk buang air kecil sebelum pergi tidur agar tidak kembali pipis di kasur springbed. Hal ini perlu anda biasakan agar tidak lelah membersihkan kasur springbed karena terkena ompol berkali-kali.

    Namun jika springbed anda sudah berkali-kali terkena noda ompol anak sehingga berbau apek dan terlihat bekas noda seperti pulau yang kerap terjadi pada noda ompol. Sehingga membuat kasur terasa tidak nyaman lagi untuk dipakai, anda mungkin harus mengganti kasur springbed anda dengan yang baru.

    Jika anda bingung untuk mencari kasur springbed yang berkualitas untuk keluarga, anda bisa memilih springbed dari Caisar Springbed. Karena Caisar®Springbed ini telah dipercaya lebih dari 20 tahun dalam hal springbed. Hal ini disebabkan karena springbednya memiliki kualitas yang baik dan nyaman jika digunakan.

    Apalagi Caisar Springbed memakai teknologi canggih dari USA sehingga kualitasnya tidak dapat diragukan lagi. Bahan-bahan yang digunakan pun memiliki kualitas yang sangat baik berstandar internasional. Dengan kualitas terbaik tersebut Caisar Springbed menawarkan harga yang pas dan menarik pula untuk anda.

    Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut atau ingin membeli Caisar Springbed, anda bisa langsung datang ke dealernya yang tersebar di beberapa daerah di Sumatera Utara. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti harga barang, spesifikasi kasur dan hal lainnya anda bisa mengunjungi alamat websitenya langsung yaitu https://caisarspringbed.id/.

    Itulah 6 Cara membersihkan kasur springbed anda dari noda ompol, setelah mengetahui tips ini anda tidak perlu cemas lagi jika si kecil mengompol di kasur. Namun perlu diingat kasur juga tidak baik jika terlalu sering terkena noda ompol, karena ditakutkan akan rusak. Maka sangat penting untuk mengajak anak ke toilet sebelum tidur malam di kasur anda.

 

Sumber Data:

https://id.theasianparent.com

https://www.rumah.com

 345 total views,  1 views today

Share: